Rabu, 24 September 2008

Tugas Yang Bikin Gelo
Guru bahasa inggris saya ngasih tugas buat bikin karya tulis ilmiah berbahasa inggris, waktunya tiga bulan. Dia membagi kelompok dan setiap kelompoknya terdiri dari empat orang. Kelompok saya mengambil topic tentang kartun-kartun anime yang mengandung adegan kekerasan dan so pasti ga baik buat perkembangan psikologis anak. Ini bener-bener tugas yang bikin gelo, Qta harus bolak-balik ngecek grammar ke guru yang udah ditunjuk bwt jadi penasehat bahasa, udah mah nransletnya bikin gelo n bete, belum lagi guru saya itu berlagak kaya dosen yang ngurusin skripsi mahasiswa. Beberapa kali karta ilmiah saya itu direparasi, baik dari grammar, penyajian, layout, aturan penulisan sampai ke marginya juga dirombak. Sekitar empat kali, lebih malah, kelompok saya mengajukan karya itu ke sang guru, akhirnya pada tanggal 13 september sang guru meratifikasi tu proyek, saya langsung lari girang menemui temen-temen sekelompok saya setelah mendapatkan tanda tangannya. Akhirnya….saya bisa tidur dengan tenang….
Karya ilmiah saya emang ga tebel, Cuma 38 lembar, tapi Qta puas banget bisa nyelesain tugas itu sebelum deadline, fuhhhh……
Awalnya saya berpikir kayak gini : Ngapain sih ngasih tugas beginian, mending ngajar grammar buat persiapan UN, kalo tugas ginian kan selain nyita waktu, tenaga dan pikiran,mincing emosi n juga nyita isi dompet kita, mahal!!! So, ngajar yang jelas-jelas aja deh!! Emang kita mahasiswa lagi bikin skripsi apa? Pake acara tolak-tolakan n reparasi segala. Tapi lama-lama saya nyadar kalo tujuannya itu bagus banget, dia mau murid-muridnya ga Cuma jago dalam grammar, karena ketika terjun ke dunia sana, orang ga akan Tanya apa rumusnya past continuous atau if conditional, tapi orang butuh bukti realnya, apa kita mampu berbahasa inggris dengan baik? Selain itu dia juga mau ngelatih kita bikin skripsi. En kalo dipikir-pikir, gara-gara tu tugas saya jadi buka kamus, kalo ga, males benget deh!selai itu dengan acara cek grammar, jadi bikin saya ngerti grammar, saya yang untung karena saya yang selalu dating ke guru buat cek grammar, temen-temen yang lain pada males n udah gitu ngaretnya seabad kalo saya ajakin, n suka pada sibuk,selain itu,4 chapter dari lima chapter belum tetek bengeknya kayak biography, appendices n time table, saya yang nranslet n nyusun, mereka Cuma ngetik sebagian dari karya ilmiah itu, jadilah saya yang ngerti, abis mereka pada males sih…. salah sendiri!mereka Cuma dapet capenya, ilmunya banyak yang terlewat.
Saya sadar kalo saya ini tipe orang yang Cuma mikirin jangka pendek. Guru saya begitu memikirkan bagaimana agar kemampuan baghasa inggris kita dapat melejit untuk dimanfaatkan di masa-masa yang akan datang. Dia ga Cuma berorientasi lagi ke UN dan SNMPTN, dia udah mikir yang lebih jauh dari itu. Salut deh buat guru saya yang satu ini. Dia bilang, dia ga mau pake cara konvensional alias cuap-cuap nerangin didepan kelas. Ada betulnya juga sih pemikiran dia. Salut buat Mr.T!!!! tapi jangan lupa ya ngajarin materi buat persiapan UN ya....

Tidak ada komentar: